Tingkat Kebugaran Jasmani Pada Santri Putra Usia 12 - 16 Tahun di Pondok Pesantren Addainuriyah 2 Pedurungan Semarang
Main Article Content
Abstract
Abstract
Physical fitness is generally defined as the ability and ability of the body to make adjustments (adaptations) to the physical liberation given to it (from daily work) without causing excessive fatigue. Judging from the activities of the students every day it has been determined when they have to wake up early, then do the activities and go back to sleep again. The purpose of this study was to determine how much the level of physical fitness of students aged 12-16 years at Pondok Pesantren Addainuriyah 2 Pedurungan Semarang. This research is a research using a quantitative descriptive design with a survey method using a 2.4 km running instrument which is only done once. The population in this study were 200 students of the Pondok Pesantren Addainuriyah 2 Pedurungan Semarang. The sample taken was 30 students, using purposive sampling technique. For data analysis techniques using percentage descriptive analysis. The results of the study show that the percentage of the results of the physical fitness level of male students at the age of 12-16 years at Pondok Pesantren Addainuriyah 2 Pedurungan Semarang which is included in the very good category 0 children with a percentage of 0%, good category 5 children with a percentage of 16.67% moderate category 10 children with a percentage of 33.33%, 15 children in deficient category with a percentage of 50.00%, very poor category 0 children with a percentage of 0%. The conclusion of this study shows that the average physical fitness level of students aged 12-16 years is 13.93, including in the moderate category (S).
Keywords: physical fitness, santri, Islamic boarding school
Abstrak
Kebugaran jasmani umumnya diartikan sebagai kesanggupan dan kemampuan tubuh melakukan penyesuaian (adaptasi) terhadap pembebasan fisik yang diberikan kepadanya (dari kerja yang dilakukan sehari-hari) tanpa menimbulkan kelelahan yang berlebihan. Ditinjau dari kegiatan santri setiap harinya sudah ditentukan kapan merekan harus bangun pagi, lalu melakukan aktifitas dan kembali tidur lagi. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar tingkat kebugaran jasmani pada santri usia 12-16 tahun di Pondok Pesantren Addainuriyah 2 Pedurungan Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan desain deskriptif kuantitatif dengan metode survei yang menggunakan intrumen lari 2,4 Km yang hanya dilakukan sebanyak satu kali. Populasi dalam penelitian ini adalah santri pondok pesantren addainuriyah 2 pedurungan semarang yang berjumlah 200 orang santri. Sampel yang diambil adalah sebanyak 30 santri, dengan menggunkan teknik purposive sampling. Untuk teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil dari penelitian diketahui bahwa presentase hasil tingkat kebugaran jasmani santri putra pada usia 12-16 tahun di pondok pesantren addainuriyah 2 pedurungan semarang yang termasuk dalam kategori baik sekali 0 anak dengan presentase 0%, kategori baik 5 anak dengan presentase 16,67% kategori sedang 10 anak dengan presentase 33,33%, kategori kurang 15 anak dengan presentase 50,00%, kategori sangat kurang 0 anak dengan presentase 0%. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan hasil rata –rata tingkat kebugaran jasmani santri usia 12-16 tahun sebesar 13,93 termasuk dalam kategori sedang (S).
Kata kunci: kebugaran jasmani, santri, pondok pesantren
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Al-Jamil, A. H., Sugiyanto, S., & Sugihartono, T. (2018). Analisis Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Pendidikan Pondok Pesantren Di Kota Bengkulu. Kinestetik, 2(1), 118–125. https://doi.org/10.33369/jk.v2i1.9196
Bangun, S. Y., & Zaluku, J. S. (2019). Survey Analisis Tingkat Kebugaran Jasmani Pelajar SMP di Pondok Pesantren Ta’dib Asyakirin Medan. Publikasi Pendidikan, 9(3), 273. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i3.10455
Ismai, wahid A. (2017). MOTIVASI BEROLAHRAGA BAGI PARA SANTRI OTIVASI BEROLAHRAGA BAGI PARA SANTRI PONDOK PESANTREN AL-ASROR PONDOK PESANTREN AL-ASROR SEMARANG TAHUN 2013. In Issn: 20869118 (Vol. 8).
Junaedi, A. D. (2018). Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang. 12.
Juniati, A., Tingkat, G., Jasmani, K., Atlet, P., Takraw, S., Sulawesi, P., Jurusan, S., Fakultas, P., Keolahragaan, I., Negeri, U., Jaya, A. M., Selatan, P. S., Selatan, S., Selatan, P. S., & Selatan, P. S. (2019). SEPAKTAKRAW PPLP SULAWESI SELATAN Oleh?: Juniati Fakultas Ilmu Keolahragaan , Universitas Negeri Makassar , 2019. 2.
Madjid, I. (2017). TINGKAT KESEGARAN JASMANI SISWA PESERTA EKTRAKURIKULER FUTSAL SMA NEGERI 1 KARANGANOM. 1(1), 1–10. https://doi.org/10.1037/0022-3514.51.6.1173
Nugraha, E.P, P. (2019). ANALISIS TENTANG TINGKAT KEBUGARAN JASMANI PADA SANTRI PUTRA UMUR 13-19 TAHUN DI YAYASAN KHADIJAH II SURABAYA Eka Prasetya Nugraha. 231–238.
Prasojo, D. A., Junaidi, S., & Hidayah, T. (2015). Profil Kebugaran Jasmani Pemain Futsal Smk Bagimu Negeriku Semarang Tahun 2014. Journal of Sport Sciences and Fitness, 4(1), 2014–2016.
Ratno, P., Siahaan, J., Gerak, K., Kunci, K., & Pendahuluan, A. (2017). SURVEY TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SKIPPER ARUNG JERAM EXSPLORE SUMATERA , KABUPATEN LANGKAT. 1(2).
Santoso, D. A. R. I. (2016). Analisis Tingkat Kebugaran Jasmani Atlet Bolavoli Putri Universitas Pgri Banyuwangi. Kejora, 1(1), 37–46.
Simatupang, N., & Nainggolan, K. M. (2019). Tingkat Kebugaran Jasmani Anak Putra Di Panti Sosial Asuhan Anak William Booth Medan. Sains Olahraga?: Jurnal Ilmiah Ilmu Keolahragaan, 2(2), 42. https://doi.org/10.24114/so.v2i2.11293
Syafe’i, I. (2017). PONDOK PESANTREN: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 61. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2097
Sugiyono. (2018). metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. BANDUNG. Alfabeta
Fenanlampir. A, Faruq. M. M (2015). Tes & Pengukuran dalam olahraga. yogyakarta. CV. ANDI OFFSET
Widiastuti. (2017). TES DAN PENGUKURAN OLAHRAGA JAKARTA. PT RAJAGRAFINDO PERSADA
Ismaryanti, Sarwono, Muhyi. M (2018). TES DAN PENGUKURAN OLAHRAGA. UNS PREES
Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (Kuantitatif, kualitatif, Dan R&D). BANDUNG. Alfabeta
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.