Survei Minat Dan Motivasi Remaja Untuk Bersepeda Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Kota Semarang Tahun 2021
Main Article Content
Abstract
Kota Semarang merupakan ibukota provinsi Jawa Tengah yang pada masa pandemi ini termasuk sebagai zona merah atau zona tidak aman. Namun, meski begitu banyak remaja yang menyempatkan kegiatan bersepeda atau istilah sekarang adalah “gowess”. Pada masa pandemi Covid 19 (Corona Virus Disease 19) saat remaja diminta untuk tetap dirumah saja untuk menjaga kesehatannya serta belajar dari rumah. Permasalahan yang diambil dalam penelitian ini adalah bagaimana minat dan motivasi remaja untuk bersepeda pada masa pandemi covid 19 di Kota Semarang Tahun 2021. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kuantitatif dengan metode survey yang dilakukan secara online dan offline dengan menyebar kuesioner melalui google form dan secara langsung. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja pengguna sepeda diwilayah Kota Semarang dengan jumlah sampel 100 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat remaja untuk bersepeda sebesar 82% termasuk dalam kriteria sangat tinggi dan motivasi remaja untuk bersepeda sebesar 79% termasuk dalam kriteria tinggi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah minat remaja untuk bersepeda pada masa pandemi covid 19 di Kota Semarang tahun 2021 termasuk dalam kategori sangat tinggi dengan memperoleh hasil keseluruhan dengan persentase 82% dengan perolehan skor rata-rata 107. Hasil tersebut ditunjukkan dari 100 orang responden, sebanyak 66 remaja memiliki minat yang sangat tinggi, dan sebanyak 34 remaja memiliki minat yang tinggi untuk bersepeda pada masa pandemi covid 19 di Kota Semarang tahun 2021. Sedangkan motivasi remaja untuk bersepeda pada masa pandemi covid 19 di Kota Semarang tahun 2021 termasuk dalam kategori tinggi dengan memperoleh hasil keseluruhan dengan persentase 79% dengan perolehan skor rata-rata 91. Hasil tersebut ditunjukkan dari 100 orang responden, sebanyak 38 remaja memiliki motivasi yang sangat tinggi, dan sebanyak 62 remaja memiliki motivasi yang tinggi untuk bersepeda pada masa pandemi covid 19 di Kota Semarang tahun 2021.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
A, Safrizal.Z. dkk. (2020). Pedoman Umum Menghadapi Pandemi Covid-19 Bagi Pemerintah Daerah Pencegahan, Pengendalian, Diagnosis dan Manajemen. Tim Kerja Kementerian Dalam Negeri.
A.M, Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Agoes Dariyo. (2004). Psikologi Perkembangan Remaja. Bogor: Ghalia Indonesia.
Ahmadi, Abu dan Widoso Supriyono. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arindra, Hanindia Kunto. (2019). Survei Minat dan Motivasi Masyarakat Melakukan Olahraga Rekreasi Pada Kegiatan Car Free Day Di Kabupaten Banyumas. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Semarang. 71 hlm.
Arifin, V. S. M. (2015). Survei Minat Masyarakat Untuk Melakukan Aktivitas Olahraga Di GOR Tri Lomba Juang Semarang 2015. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Aturrohmi, I. (2017). Pengaruh Lingkungan Pendidikan Terhadap Minat Belajar IPS Siswa Kelas X MA Almaarif Singosari Malang. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Chris Carmichael. (2003). Bugar dengan Bersepeda. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
Depdiknas. (2005). Undang-Undang RI Nomor 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional. Jakarta. 64 hlm
Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Dewi, Heriana Eka. (2012). Memahami Perkembangan Fisik Remaja. Yogyakarta; Gosyen Publishing.
Hidayat, Taufik. (2020). Survey Minat Masyarakat Untuk Olahraga Rekreasi Bersepeda Pada Masa Pandemi Covid 19 di Kabupaten Demak. Journal Physical Activity and Sport. 1(1), 80-88.
Husdart, H.J.S. (2010). Psikologi Olahraga. Bandung: Alfabeta.
Husdarta. (2010). Sejarah dan Filsafat Olahraga. Bandung: Alfabeta.
C. (2015). Pengaruh Motivasi, Minat, Kedisiplinan Dan Adaptasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Peserta Program Afirmasi Pendidikan Menengah Asal Papua Dan Papua Barat Di Kota Bandung. Share : Social Work Journal, 5(2), 157-166. https://doi.org/10.24198/share.v5i2.13140.
Kartini, Tien. (2007). Penggunaan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Minat Siswa dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Kelas V SDN Cileunyi I 89 Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Jurnal Pendidikan Dasar. 1(8), 1- 5.
Munasifah. (2019). Mengenal Olahraga Balap Sepeda. Tangerang: Loka Aksara.
Mustofa, M. (2018). Minat Siswa dalam Ekstrakulikuler Olahraga Futsal di SMA N 1 Pamotan Kabupaten Rembang. Semarang: Universitas PGRI Semarang.
Mutohir. T.C. (2011). Berkarakter dengan Berolahraga. Surabaya: Java Pustaka Group.
Nur, Muhammad. (2020). Survey Efektivitas Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Pada Siswa Kelas IX di MTS Negeri 2 Semarang Selama Pandemi Covid-19. Skripsi. Universitas PGRI Semarang.
Putra, Dedy D L. Wing Prasetya K. Puspodari. (2021). Survei Minat Masyarakat Bersepeda Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk Tahun 2020. Indonesian Journal of Kinanthropology (IJOK). 1(1). 70-75. https//journal.unesa.ac.id/index.php/IJOK/article/view/11604.
Pranata, Aji Yudha. (2016). Survei Minat Dan Motivasi Masyarakat Untuk Bersepeda Pada Pelaksanaan “Jogja Last Friday Ride” Di Kota Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Semarang.
Romadhon, Sandi Akbar. (2015). “Motivasi dan Minat Masyarakat Dalam Berolahraga Sepeda di Kota Semarang”. Journal Active Unnes Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia.
Rosalia, H. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Olahraga Rekreasi Akhir Pecan Di Alun-Alun Kabupaten Tegal Tahun 2019. Semarang. Universitas Negeri Semarang.
Sembiring, dkk. (2013). Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan.
Siswanto W. (2018). Survei Minat dan Motivasi Bermain Futsal Siswa SMK Negeri 4 Makassar. Skripsi. Universitas Negeri Makassar. 13 hlm.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Soesilowindradini. (2012). Psikologi Perkembangan Masa Remaja. Surabaya: Usaha Nasional.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Susanti, Novi. (2014). Hubungan Minat dan Motivasi Belajar dengan Hasil Keterampilan Sepak Bola: hlm 6.
Utomo, U. (2015). Survei Minat Terhadap Olahraga Rekreasi Melalui Car Free Day Sebagai Aktivitas Peningkatan Kebugaran Jasmani Di Alun-Alun Jepara Tahun 2015. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Yunus Nur Rohim. Annissa Rezki. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lockdown Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i. 7(3): 227-238.