Model Penyelenggaraan Pendidikan Berbasis Merdeka Belajar di Kota Semarang

Main Article Content

Soedjono Soedjono

Abstract

The purpose of this study is to analyze how the school's readiness for the implementation of Merdeka Learning in the city of Semarang, especially in six aspects of readiness (readiness of students, teacher readiness, infrastructure readiness, management support, school culture, and assistance to government policy holders. in this study is focused on education units from various levels of education in Central Java. This research uses a qualitative descriptive method that explains the facts in the field in depth and naturally. The results of this study are in the form of ideas and policies related to the analysis of education implementation based on the concept of Merdeka Studying in Central Java The output of this research is the publication of research articles.


Abstrak


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana kesiapan sekolah terhadap Implementasi Merdeka Belajar di Kota Semarang khususnya pada enam aspek kesiapan (kesiapan peserta didik, kesiapan guru, kesiapan infrastruktur, dukungan managemen, budaya sekolah, dan pendampingan pemerintah pemegang kebijakan. Implementasi Merdeka Belajar yang dimaksud dalam penelitian ini adalah difokuskan pada satuan pendidikan dari berbagai jenjang Pendidikan di Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menjelaskan kejadian fakta di lapangan secara mendalam dan alamiah. Hasil dari penelitian ini adalah berupa gagasan dan kebijakan terkait dengan analisis penyelenggaraan pendidikan berdasarkan konsep Merdeka Belajar di Jawa tengah. Adapun luaran penelitian ini adalah publikasi artikel hasil penelitian.

Article Details

Section
Articles

References

Afista, Y., & Huda, S. A. A. (2020). Analisis kesiapan guru pai dalam menyongsong kebijakan merdeka belajar. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 3(6), 53-60.

Arifin, Syamsul dan Moeslim, 2020; Tantangan Implementasi Kebijakan “ Merdeka Belajar, Kampus Merdeka: Pada Perguruan Tinggi Islam Swasta di Indonesia” Jurnal Pendidikan Islam

Joesoef, Soelaiman, Prof. Dr. 1986. Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah. Bumi Aksara.

Kurniawan, Yosep: Implementasi Merdeka Belajar Berdasarkan Ajaran Taman Siswa Dalam pembelajaran Bahasa Inggris: Prosiding Seminar Nasional : Jogyakarta; Maret; 2020.

Nurteti, Lilis, M.Pd. 2010. Pedagogik Pengantar Analisis. Ciamis. IAID.

Purwati, P. D., Widiyatmoko, A., Ngabiyanto, N., & Kiptiyah, S. M. (2021). Pembekalan Guru SD Gugus Sindoro Blora Melalui Workshop Asesmen Nasional Menghadapi AKM Nasional. Journal of Community Empowerment, 1(1), 32-40.

Widiyono,Aan dkk. 2020; Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis Di Sekolah Dasar” Jurnal Pendidikan ke-SD-an.

Tju, M., & Murniarti, E. (2021). ANALISIS PELATIHAN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 110-116

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2005. Jakarta