Perbandingan Pengaruh Model Pembelajaran PBL Dan Discovery Learning Terhadap Hasil Psikomotor Passing Bawah Bola Voli

Main Article Content

Inang Widigdo Subiyanto

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi penguasaan gerak dasar yang masih rendah dikarenakan cara melakukan teknik passing yang kurang benar. Cara mengajar permainan bola voli menggunakan metode ceramah sehingga membuat siswa kurang tertarik sehingga menjadikan siswa menjadi kurang aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada keefektifan pada model pembelajaran problem based learning terhadap hasil psikomotorik passing bawah bola voli pada siswa kelas XI SMK Negeri 2 Semarang dan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil psikomotorik passing bawah bola voli pada siswa kelas XI SMK Negeri 2 Semarang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksprimental Design (eksperimen semu) dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalen Control Group Design. Teknik pengambilan data menggunakan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK N 2 Semarang, dengan sampel siswa kelas XI BDP 1 dan XI UPW 1.
Hasil penelitian menunjukan bahwa uji hipotesis diperoleh t hitung (22,669 < 29,556) yang berarti bahwa model pembelajaran problem based learning dan discovery learning efektif dalam hasil psikomotorik passing bawah bola voli pada siswa kelas XI SMK N 2 Semarang. Hasil keefektifan passing bawah bola voli dengan model pembelajaran problem based learning sebesar 83,06. Sedangkan hasil keefektifan passing bawah bola voli dengan model pembelajaran discovery learning sebesar 89,00. Berdasarkan hasil diatas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning lebih efektif daripada latihan problem based learning untuk keefektifan passing bawah bola voli pada siswa kelas XI SMK N 2 Semarang, karena dari data tersebut nilai dari model pembelajaran disecovery learning lebih besar dari problem based learning.

Article Details

Section
Articles

References

Amin, S. (2017). "Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar geografi". JPG (Jurnal Pendidikan Geografi).4(3) 25–36.

Fitriyah, Murtadlo, A& Warti, R. (2017). "Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar matematika siswa MAN model Kota Jambi". ejournal. 2 (9) 108-112.

Heryadi, D& Hadiana, O. (2017). "Perbandingan model discovery learning dengan model peer teaching (tutor sebaya) terhadap kemampuan teknik dasar passing bawah dalam permainan bola voli pada kelas XI SMA Negeri 1 Ciawigebang Kabupaten Kuningan".

Ivanto, R. E & Hartati, S. C. Y. (2015)."Penerapan model pembelajaran discovery learning pada kurikulum 2013 terhadap hasil belajar passing bawah (Studi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tambakboyo Tuban)". Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan,2 (3) 330-336.

Kristin, F& Rahayu, D. (2016). "Pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar ips pada siswa kelas 4 SD". Scholaria. 1 (6) 84–92.

Kusuma, I. W. W., Wahjoedi & Wijaya, I. M. K. (2017). "Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) terhadap hasil belajar bola voli". e-Journal. 2(8).

Mukholid, A. (2013). Penjasorkes 1. Bogor: Yudhistira.

Pratiwi, I. A. Wahjoedi, & Satyawan, I. M. (2017). "Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola voli pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Singaraja tahun pelajaran 2016/2017". E-Journal. 8(2) 1–10.

Rahmani, M. (2014). Buku super lengkap olahraga. Jakarta Timur: Dunia Cerdas.

Slameto. (2010).Belajar & faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiono (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed methods).

Supiandi, M. I& Julung, H. (2016) "Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar kognitif siswa biologi SMA".Jurnal Pendidikan Sains. 2 (4) 60-64.

Suzianto & Damanik, S. (2019). "Penerapan model problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 27 Medan TP.2018/2019". Jurnal Ilmu Keolahragaan. 18(1) 14-24.

Virgiana, A & Wasitohadi. (2015). "Efektifitas model problem based learning berbantuan media audio visual ditinjau dari hasil belajar ipa siswa kelas 5SDN 1 Gadu Sambong-Blora semester 2 tahun 2014/2015".Scholaria. 100–118.

Wulandari, B & Surjono, H. D. (2013). "Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK". Jurnal Pendidikan Vokasi.3(2) 178–191