Peran Orangtua Siswa Kelas VI Terhadap Pembelajaran Daring Penjasorkes Di SD Negeri Di Pulosari Pemalang
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat bagaimana peran orang tua selama belajar/sekolahdi rumah melalui daring dalam membimbing dan melakukan pengawasan terhadap anaknya. peran orang tua begitu banyak dalam membimbing anak.Pada peran orangtua yang memiliki anak kelas VI, karena pada keadaan saat ini orangtua juga harus mengambil perannya untuk menjelaskan peralihan dari sekolah dasar menuju jenjang selanjutnya, selain itu siswa kelas VI diwajibkan untuk mempersiapkan diri untuk tes kelulusan sekolah dasar, tes masuk sekolah menengah pertama dan proses penyesuaian diri. Metode yang digunakan dalam penilitian ini yaitu metode penelitian kualitatif. Informandalam penelitian ini yaitu orangtua/wali murid kelas VI dan guru pembelajaran penjasorkesSD N 1 Pulosari, SD N 2 Pulosari dan SD N 3 Pulosari. Berdasarkan hasil wawancara yang dijelaskan maka penulis dapat meyimpulkan bahwa peran orangtua terhadap belajar/sekolahdaring yaitu tentang bagaimana cara sebagai orang tua harus bisa memberikan semangat, dukungan, serta motivasi kepada anak agar mereka tetap semangat dalam belajar/sekolah di rumah. Memperhatikan setiap tugasnya, dan memberikan fasilitas yang berkaitan dengan belajar/sekolahpembelajaran penjasorkes . Menemani kegiatan belajar/sekolah mereka atau memberikan peluang kepada mereka menggali potensi mereka yang berhubungan dengan olahraga. Mengkomunikasikan tugas maupun ujian dengan guru pembelajaran penjasorkes di sekolah
Article Details
References
Ahsani, E. L. F. (2020). Strategi Orang Tua dalam Mengajar dan Mendidik Anak dalam Belajar/sekolahAt The Home Masa Pandemi Covid-19 Covid-19. STAINU Purworejo: JurnalAl_Athfal Vol. 3 No. 1, Juni, 2020
Anwar, S. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang tua dengan Motivasi Belajar/sekolah Anak (grand teori). Indragiri, 1(2), 58–65
Cahyati, Nika. 2020. Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Belajar/sekolahdi Rumah Saat Pandemi Covid-19 Covid 19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 04(1).
Khairani, Wardina. 2019. Peran Orang tua Terhadap Penggunan Media Internet Dalam Perilaku Keagamaan Anak (Studi pada Keluarga Muslim di Kelurahan Bandar Jaya Barat Kecamatan Terbanggi Besar). Lampung: Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Raden Intan Lampung.
Kholil, A. (2020). Panduan Orangtua Mendampingi Anak Belajar/sekolah dari Rumah dengan MIKIR. Diambil 26 Mei 2021, dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Guru Berbagi) website: https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/panduan-orangtua-mendampingi-anak-belajar/sekolah-dari-rumah-dengan-mikir
Lilawati, A. (2021). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Belajar/sekolahdi Rumah pada Masa Pandemi Covid-19. Volume 5 Issue 1 (2021) Pages 549-558 Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini ISSN: 2549-8959 (Online) 2356-1327 (Print)
Ni'mah. 2016. Peranan Orang Tua Dalam Membimbing Anak Untuk Melaksanakan Sholat Lima Waktu Di Lingkungan Pasar Kahayan Palangka Raya (Studi Terhadap Lima Kepala Keluarga yang Berprofesi sebagai Pedagang). Palangka Raya: Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Palangka Raya.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Budi Santoso, P., Mayesti Wijayanti, L., ChiHyun, C., & Setyowati Putri, R. (2020). UNIVERSITAS MUHAMMADIYAHENREKANG Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 COVID-19 Terhadap ProsesBelajar/sekolahOnline di Sekolah Dasar. EduPsyCouns (Journal of Education,Psychology and COunseling) 2 (1), 1 – 12
Salsabila, U. H., Sukriyanto, R., Purwanti, E.,, Purwaningsih., Satria, M. I. A. (2021). Peran Orangtua Dalam Penggunaan Teknologi Pada Belajar/sekolahOnline Tingkat SD Di Masa Pandemi Covid-19 Covid-19. ISSN 2722-9475 (Cetak) ISSN 2722-9467 (Online) Jurnal Inovasi Penelitian Vol.1 No.8 Januari 2021
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung : Alfabeta
Trisnadewi, K., & Muliani, N. M. (2020). Belajar/sekolahDaring di Masa Pandemi Covid-19 Covid-19. Yayasan Kita Menulis.