Persepsi Peserta Didik Dalam Pembelajaran PJOK Berbasis Pembelajaran Jarak Jauh SMA Negeri 1 Ulujami Selama Pandemi Covid-19
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil persepsi peserta didik dalam pembelajaran PJOK berbasis pembelajaran jarak jauh SMA Negeri 1 Ulujami selama pandemi COVID-19, untuk mengetahui faktor pendukung persepsi peserta didik dalam pembelajaran PJOK berbasis pembelajaran jarak jauh SMA Negeri 1 Ulujami selama pandemi COVID-19, dan untuk mengetahui faktor penghambat dalam persepsi peserta didik dalam pembelajaran PJOK berbasis pembelajaran jarak jauh SMA Negeri 1 Ulujami selama pandemi COVID-19. Tehnik sampling pada penelitian ini menggunakan sampling purposif dimana peneliti menentukan kriteria mengenai responden yang dipilih sebagai sempel. Informan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Ulujami. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik yaitu angket. Analisis yang dilakukan menggunakan model analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian yang dilakukan mengenai penelitian Persepsi Peserta Didik Dalam Pembelajaran PJOK Berbasis Pembelajaran Jarak Jauh di SMA Negeri 1 Ulujami menunjukan bahwa siswa yang masuk kedalam kategori sangat positif berjumlah 9 atau 19,6% dari jumlah total, untuk kategori positif berjumlah 15 orang atau 32,6 % hasil tersebut merupakan hasil terbanyak, sedangkan untuk kategori sedang berjumlah 9 orang atau 19,6%, untuk hasil kategori negatif berjumlah 10 orang atau 21,7% dan untuk kategori sangat negatif berjumlah 3orang atau 6,5%. Hasil tersebut dapat diartikan sebagian persepsi siswa Kelas XI terhadap Pembelajaran PJOK Berbasis Pembelajaran Jarak Jauh di SMA Negeri 1 Ulujami Tahun 2021 pada masa pandemi covid-19 dapat dikatakan Positif.
Article Details
References
Amiiroh, Lesi. 2020. Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Media Sosial WhatsApp pada Pembelajaran Secara Daring di Masa Pandemi Covid-19, FKIP Universitas Jambi.
Alaswati Sri, Setya Rahayu, & Eunike Raffy Rustiana. 2016. Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 PJOK. Journal of physical education and sports Volume. 5 No. 2 ISSN:2502-4477.
Ahsan Eva Luthfi Fakhru. 2020. Strategi Orang Tua Dalam Mngajar Dan Mendidik Anak Dalam Pembelajaran At The Home Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Athfal Volume. 3 No. 1 ISSN:2615-482X.
Aziza Nur Farida, Muhamad Yunus. 2020. Peran Orang Tua Dalam Membimbing Anak Pada Masa Study From Home Selama Pandemi Covid 19. Universitas Muhamnadiya Banjarmasin.
Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Bimo Walgito. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.
Elihami, Ekawati. 2020. Persepsi Revolusi Mental Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Edukasi Nonformal Volume.1 No.2 ISSN: 2715-2634.
Handarini Oktafia Ika, Siti Sri Wulandari. 2020. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Adminitrasi Perkantoran (JPAP) Volume. 8, No. 3 ISSN:233-89621.
Hamalik, O. (2010). Media pendidikan. Bandung: Penerbit Alumni