Pengaruh tutor sebaya dan role playing terhadap keterampilan sosial dan passing sepakbola
Main Article Content
Abstract
The purpose of this study was to determine the differences in learning outcomes of peer tutor learning methods and learning methods of role playing soccer passing techniques in Class XI students of SMA Futuhiyyah Mranggen. The research method is a quantitative. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar metode pembelajaran tutor sebaya dan metode pembelajaran role playing teknik passing sepakbola pada Siswa Kelas XI SMA Futuhiyyah Mranggen. Metode penelitian pendekatan kuantitatif, dalam bentuk True Eksperimental Design dengan jenis Nonequivalen Conrol Group Design.Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 SMA Futuhiyyah Mranggen. Data dalam penelitian diperoleh melalui tes hasil belajar dan tes keterampilan sosial. Pembahasan hasil penelitian dilakukan dengan berpedoman pada teori profesionalisme guru dan hasil beajar. Berdasarkan hasil analisis setelah medapatkan perlakuan menunjukan bahwa : 1) . Pengaruh yang signifikan metode pembelajaran tutor sebaya terhadap keterampilan sosial dan hasil belajar passing sepakbola kelas XI SMA Futuhiyyah Mranggen 2). Ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran role playing terhadap keterampilan sosial dan hasil belajar passing sepakbola kelas XI SMA Futuhiyyah Mranggen. 3). Metode role playing lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar passing sepakbola pada siswa kelas XI SMA Futuhiyyah Mranggen.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ariyanto, Farid. Bagus. (2018). Pengaruh metode hypnoteaching dan fun teaching terhadap
minat belajar pjok pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Mranggen. Semarang: Universitas
PGRI Semarang.
Falah, I. F. (2014). Metode Pembelajaran Tutorial Sebaya: Telaah Teoritik. 12(2), 175–186.
Febrianto, A., & Kartiko, D. C. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap
Hasil Belajar Dribble Bola Basket ( Studi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Prambon
Sidoarjo ). Jurnal-Pendidikan-Jasmani. 2(3) 783–786.
Fuad, M., & Sudarso.(2014). Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil
Belajar Dribble Sepakbola (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Genteng
Banyuwangi).Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 02(2), 388–392.
Hakim, L., Amiq, F., & Yudasmara, D. S. (2018). Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam
Pembelajaran Pendidikan Jasmani Menggunakan Metode Bermain Untuk Siswa Kelas V
Sdn 2 Pagelaran Kabupaten Malang. Journal of Teaching Physical Education in
Elementary School 1(5), 65–77.
Mikkey, A., & Suganda, S. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Bolavoli Pada Siswa
Sekolah Dasar Kelas Atas Developing Volleyball Learning Models for Students of Upper
Class of Elementary Schools. 1(2), 156–165.
Mustofa, M. A., & Sudarso.(2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing Terhadap
Hasil Belajar Shooting Bola Basket. 05, 456–461.
Ramadan, G. (2017). Pengaruh metode Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil
Passing Sepakbola.Jurnal Olahraga 2(1).
Ridiansyah, P. N. (2016). Pengaruh model pembelajaran teaching games for understanding
terhadap keterampilan sosial dan keterampilan bermain bola basket. Bandung:
Universitas Pendidikan Indonesia
Saputra, D. R. (2015). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS
Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Kecemen, Manisrenggo, Klaten. (April), 1–10.