Pengaruh tutor sebaya dan role playing terhadap keterampilan sosial dan passing sepakbola

Main Article Content

Hasan Fahmi Anugrah
Setiyawan Setiyawan
Fajar Ari Widyatmoko

Abstract

The purpose of this study was to determine the differences in learning outcomes of peer tutor learning methods and learning methods of role playing soccer passing techniques in Class XI students of SMA Futuhiyyah Mranggen. The research method is a quantitative. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar metode pembelajaran tutor sebaya dan metode pembelajaran role playing teknik passing sepakbola pada Siswa Kelas XI SMA Futuhiyyah Mranggen. Metode penelitian pendekatan kuantitatif, dalam bentuk True Eksperimental Design dengan jenis Nonequivalen Conrol Group Design.Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 SMA Futuhiyyah Mranggen. Data dalam penelitian diperoleh melalui tes hasil belajar dan tes keterampilan sosial. Pembahasan hasil penelitian dilakukan dengan berpedoman pada teori profesionalisme guru dan hasil beajar. Berdasarkan hasil analisis setelah medapatkan perlakuan menunjukan bahwa : 1) . Pengaruh yang signifikan metode pembelajaran tutor sebaya terhadap keterampilan sosial dan hasil belajar passing sepakbola kelas XI SMA Futuhiyyah Mranggen 2). Ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran  role playing terhadap keterampilan sosial dan hasil belajar passing sepakbola kelas XI SMA Futuhiyyah Mranggen. 3). Metode role playing lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar passing sepakbola pada siswa kelas XI SMA Futuhiyyah Mranggen.

Article Details

How to Cite
Anugrah, H. F. ., Setiyawan, S., & Widyatmoko, F. A. (2021). Pengaruh tutor sebaya dan role playing terhadap keterampilan sosial dan passing sepakbola. Journal of Physical Activity and Sports (JPAS), 2(3), 339-346. https://doi.org/10.53869/jpas.v2i2.59
Section
Articles

References

Ariyanto, Farid. Bagus. (2018). Pengaruh metode hypnoteaching dan fun teaching terhadap

minat belajar pjok pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Mranggen. Semarang: Universitas

PGRI Semarang.

Falah, I. F. (2014). Metode Pembelajaran Tutorial Sebaya: Telaah Teoritik. 12(2), 175–186.

Febrianto, A., & Kartiko, D. C. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap

Hasil Belajar Dribble Bola Basket ( Studi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Prambon

Sidoarjo ). Jurnal-Pendidikan-Jasmani. 2(3) 783–786.

Fuad, M., & Sudarso.(2014). Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil

Belajar Dribble Sepakbola (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Genteng

Banyuwangi).Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 02(2), 388–392.

Hakim, L., Amiq, F., & Yudasmara, D. S. (2018). Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam

Pembelajaran Pendidikan Jasmani Menggunakan Metode Bermain Untuk Siswa Kelas V

Sdn 2 Pagelaran Kabupaten Malang. Journal of Teaching Physical Education in

Elementary School 1(5), 65–77.

Mikkey, A., & Suganda, S. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Bolavoli Pada Siswa

Sekolah Dasar Kelas Atas Developing Volleyball Learning Models for Students of Upper

Class of Elementary Schools. 1(2), 156–165.

Mustofa, M. A., & Sudarso.(2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing Terhadap

Hasil Belajar Shooting Bola Basket. 05, 456–461.

Ramadan, G. (2017). Pengaruh metode Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil

Passing Sepakbola.Jurnal Olahraga 2(1).

Ridiansyah, P. N. (2016). Pengaruh model pembelajaran teaching games for understanding

terhadap keterampilan sosial dan keterampilan bermain bola basket. Bandung:

Universitas Pendidikan Indonesia

Saputra, D. R. (2015). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS

Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Kecemen, Manisrenggo, Klaten. (April), 1–10.