Motivasi Pembelajaran Mahasiswa PJKR Upgris Via daring/Online Selama Masa Covid-19
Main Article Content
Abstract
The background of this research is that after the many cases of Covid-19 in Indonesia, especially in Central Java, make every university learn online / online. The formulation of this problem is how the learning motivation of Upgris PJKR students via online / online during the covid-19 period. The purpose of this study was to determine the learning motivation of Upgris PJKR students via online /online during the covid-19 period. The research method used is descriptive quantitative research using a survey. The sample in this study were 89 students of PJKR Upgris. This research sampling technique using proportional random sampling. The data collection method used by researchers is a questionnaire.The results showed that students who were motivated to attend lectures online during the Covid-19 period were 56 respondents or 62.9%, while those who had low motivation to attend
lectures online during the Covid-19 period were 19. respondents or 21.4%, while those who had high motivation in taking online lectures during the Covid-19 period were 14 respondents or 15.7%. It was concluded that PJKR Upgris students were not motivated or enthusiastic in attending lectures and only attended online / online lectures because they followed the regulations imposed from the campus only. Based on data processing, it was found that there was moderate motivation in attending lectures online during the Covid-19 pandemic, namely 56 respondents or 62.9%. Suggestions 1) To increase student motivation in taking online / online lectures during the Covid-19 period, this can be done by providing additional value for students who fulfill assignments given by lecturers. 2) To increase
student discipline in taking online / online lectures, the lecturer can impose sanctions on students who do not take online / online lectures. 3) Lecturers can plan learning systems and delivery of more interesting materials such as making pictures and videos related to the lectures being conducted.
Keywords: Motivation, Learning, Online Learning, Learning Motivation.
Abstrak
Latar belakang penelitian ini adalah Setelah banyaknya kasus covid-19 di Indonesia khususnya di Jawa Tengah, menjadikan setiap perguruan tinggi melakukan pembelajaran via daring/online.Rumusan masalah ini bagaimana motivasi pembelajaran mahasiswa PJKR Upgris via daring/online selama masa covid-19.Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui motivasi pembelajaran mahasiswa PJKR Upgris via daring/online selama masa covid-19.Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan survey.Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa PJKR Upgris yang berjumlah 89 mahasiswa.Teknik sampling penelitian ini menggunakan proposional random sampling.Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah angket/kuisioner.Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki motivasi yang sedang dalam mengikuti perkuliahan secara daring/online selama masa Covid-19 yaitu sebanyak 56 responden atau 62,9 %, sedangkan yang memiliki motivasi rendah dalam mengikuti perkuliahan secara daring/online selama masa Covid-19 sebanyak 19 responden atau 21,4 %, sementara yang memiliki motivasi tinggi dalam mengikuti perkuliahan secara daring/online selama masa Covid-19 sebanyak 14 responden atau 15,7 %. Disimpulkan bahwa mahasiswa PJKR Upgris belum termotivasi atau tidak terlalu antusias dalam mengikuti perkuliahan dan hanya mengikuti perkuliahan daring/online karena mengikuti peraturan yang diberlakukan dari kampus saja. Berdasarkan pengolahan data didapatkan motivasi sedang dalam mengikuti perkuliahan secara daring/online selama masa pandemi covid-19 yaitu sebanyak 56 responden atau 62,9 %. Saran 1) Untuk meningkatkan motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan melalui daring/online di masa Covid-19 ini dapat dilakukan dengan memberikan nilai tambahan bagi mahasiswa yang memenuhi tugas yang diberikan dosen. 2) Untuk meningkatkan kedisiplinan bagi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan melalui daring/online maka dosen dapat memberikan sanksi bagi mahasiswa yang tidak mengikuti perkuliahan secara daring/online. 3) Dosen dapat merencanakan sistem pembelajaran dan penyampaian materi yang lebih menarik seperti membuat picture maupun video yang berkaitan dengan perkuliahan yang dilakukan.
Kata kunci : Motivasi, Pembelajaran, Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Achmad Rifa’I dan Chatarina T. Anni. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang :
UPT UNNES PRESS.
Adijaya, N & Santosa, L.P. 2018.”Persepsi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Online”.10 (2) 550.
Amaludin, A. (2012). Motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan
jasmani melalui aktivitas permainan kecil Tahun 2012.Skripsi.Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Semarang
Budi, I.S. (2013). Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakulikuler Bola Voli Di SMA Negeri Se-Kota PekalonganTahun 2013.Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang.
Cahyani, A, Listiana, I.D. & Larasati, S.P.D. (2020). “Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Pendidikan Islam. 01 (3) 123-140.
Darmalaksana, W, Hambali, R.Y.A, Masrur, A, Muhlas. 2020. Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2020.
Dewi, L. 2017. RANCANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN DARING DI PERGURUAN TINGGI.Universitas Pendidikan Indonesia.2 (16).
Dimyati dan Mudjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran.Jakarta : Depdikbud.
Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Emda, A, 2017. “Kedudukan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran”. Lantanida Journal. (5) 93-196.
Fallows, D. (2004).The Internet and Daily Life.Pew Research Center’s Internet & American Life Project.
Fitriyani, Y, Fauzi, I, Sari, M.Z. (2020).“Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19”.Jurnal Kependidikan.2 (6) 165-175.
Fortune, M. F., Spielman, M., & Pangelinan, D. T. (2011).Students’ Perceptions of Online or Face-to-Face Learning and Social Media in Hospitality, Recreation and Tourism.MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, 7 (1), 1–16.
Hamzah B. Uno.(2009). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Harris, J & Koehler, M. (2009).Teacher’s Tecnological Pedagogical Content Knowledge and Learning Activity Types: Curriculum-Based Technology Integration Reframed. Journal of Research om Technology in Education, 41 (4), page 393- 416.
Kamil, Mustofa. (2007). Teori Andragogi.Kumpulan Jurnal Ilmu dan Aplikasi Pendidikan hlm.287-322.
Noberto.(2015). “Motivasi Siswa-Siswi Terhadap Pelaksanaan Ekstrakurikuler Bola Voli di SMAN 1 Sengah Temila Kabupaten Landak”.Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa.2 (4) 1-15.
Ozuah, Phillip, O. (2005). First, There Was Pedagogy and Then Came Andragogy. Einstein J. Biol. Med, page 83-87.
Pangondian, R.A, Santoso, P.I, Nugroho, E. (2019). “Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0”.
Rahardja, U, Lutfiani, N, Handayani, I, Suryaman, F.M. (2019).“Motivasi Belajar Mahasiswa Terhadap Metode Pembelajaran Online iLearning+ Pada Perguruan Tinggi”.Jurnal Ilmiah Sisfotenika. 2 (9) 1-202.
Raharjo, T., J., & Suminar, T. (2010).Penerapan Pedagogi dan Andragogi Pada Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Kelompok Belajar Paket A, B, dan C di Kota Semarang. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
Rasyidin, Waini. (2014). Pedagogik Teoretis dan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 12.
Rasyidin, Waini. (2007). Pedagogik Teoritis.Kumpulan Jurnal Ilmu dan Aplikasi Pendidikan.33-52.
Rusdiana, E. (2020) “Respon pada Pembelajaran Daring bagi Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Hukum Indonesia”.INTEGRALISTIK. 1 (31) 1-12.
Sardiman A.M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta : Rajawali Press.
Sari, P. (2017).“Memotivasi Belajar Dengan MenggunakanE-Learning”. 2 (6) 20-34.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2019. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Sur, W.A.A, Hasanah, M, Mustofa, M.R. (2020). “Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa dengan Sistem Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19”.Jurnal Equation.2 (3) 40-52.
Syafei, M.M, Abduloh, Hidayat, T. (2019).SURVEY MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN SENAM KELAS IX SMP 2 KLARI. JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA). 1 (7) 86-98.
Pusdiklat Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “SURAT EDARAN MENDIKBUD NO 4 TAHUN 2020 TENTANG PELAKSANAAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN DALAM MASA DARURAT PENYEBARAN CORONA VIRUS DISEASE (COVID- 1 9),” 24 Maret 2020.
https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat- edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/