Peran Orang Tua dalam Mempengaruhi Hasil Belajar Maksimal Anak Jenjang SMA

Main Article Content

Soedjono Soedjono

Abstract

Student learning outcomes are one indicator of the success of educators in carrying out the teaching and learning process. The purpose of the study was to describe the role of parents in instilling discipline so as to improve student learning outcomes.This research used descriptive qualitative approach. Data collection was conducted by in-depth interviews with informants, filling out check lists and field observations. The results of the study showed that parents played a role in instilling discipline. Discipline was implemented with full commitment, so that it could bea family culture. The obstacles of discipline implementation were the difference point of views between children and parents, but this can be solved by communication and deliberation. Therefore to improve discipline, parents needed to be assertive in children to carry out disciplined commitments, especially religious discipline, study, play, and help with homework. Having a commitment to carry out activities with discipline, learning outcomes can be achieved.


Keywords: discipline, commitment, learning outcomes


Abstrak


               Hasil belajar siswa merupakan salah satu indikator keberhasilan pendidik dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam menanamkan kedisiplinan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dengan informan, pengisian check list dan observasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua berperan dalam menanamkan kedisiplinan. Disiplin dilaksanakan dengan penuh komitmen, sehingga bisa menjadi budaya keluarga. Hambatan dalam penerapan disiplin adalah perbedaan pandangan antara anak dan orang tua, namun hal ini dapat diselesaikan dengan komunikasi dan musyawarah. Oleh karena itu untuk meningkatkan kedisiplinan, orang tua perlu bersikap tegas pada anak untuk melaksanakan komitmen disiplin terutama disiplin agama, belajar, bermain, dan membantu pekerjaan rumah. Memiliki komitmen untuk melaksanakan kegiatan dengan disiplin maka hasil belajar dapat tercapai

Article Details

How to Cite
Soedjono, S. (2020). Peran Orang Tua dalam Mempengaruhi Hasil Belajar Maksimal Anak Jenjang SMA. Journal of Physical Activity and Sports (JPAS), 1(1), 147-152. Retrieved from https://mahardhika.or.id/jurnal/index.php/jpas/article/view/182
Section
Articles

References

Anas Sudijono.(2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Afifuddin. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta Rineka Cipta.

Binti Maunah, 2009. Ilmu Pendidikan, (Yogyakarta : Teras)

Daradjat, Zakiah. 2012. Ilmu Pendidikan Islam, Cetakan X. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah & Zain. 2013. Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fadlillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran Paud. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Halasan Simanullang. 2014.Peran Lingkungan Keluarga Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa,

Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. (Jakarta : PT.BumiAksara)

Hamdani, 2012, Bimbingan dan Penyuluhan, Pustaka Setia, Bandung.

Hasbullah, 2013. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan ( Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada)

M. Ngalim Purwanto, 2009, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Miles, M. B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press

Moleong, Lexy. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung :Remaja Rosda Karya.

Munirwan Umar, Peranan Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak, Jurnal Penelitian Prodi Bimbingan Konseling FTK UIN Ar-Raniry 2015.

Nasution.2 010. Berbagai Pendekatand alam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Prasetyawati, Arsita Eka. 2011. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Yogyakarta.

Sardiman, 2014, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: Raja Grafindo Persada)

Soekanto, Soerjono. 2009. Sosiologi SuatuP engantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana, 2009.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

Sugiyono, 2013. MetodeP enelitian Kuantitatif Kualitatifdan R & D, Bandung: Alfabeta.

Yusuf, Syamsu. 2012. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Cetakan ke XII. Bandung: Remaja Rosda Karya