Efektivitas permainan engklek, lompat jauh, pembelajaran daring terhadap pembelajaran daring materi lompat jauh pada siswa SMA N 1 Kaliwungu

Main Article Content

Awang Aji Pradana

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah wabah covid-19 memberikan dampak terhadap sistem pendidikan yang awalnya pembelajaran tatap muka, sekarang berubah menjadi pembelajaran secara daring, menjadikan guru harus melakukan kegiatan pembelajaran olahraga secara online. Rumusan masalah dalam penelitian adalah adakah pengaruh hasil belajar menggunakan model pembelajaran engklek terhadap pembelajaran daring lompat jauh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas permainan engklek terhadap pembelajaran daring materi lompat jauh. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan metode one group pretest-posttest design, Semua data di analisis menggunakan Uji Statistik T. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling, sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa SMAN 1 Kaliwungu. Hasil Penelitian efektivitas permainan engklek terhadap pembelajaran daring materi lompat jauh di peroleh bahwa nilai Sig. (0,000) < ? (0.05). Hasil nilai rata – rata pretest lompat jauh 78,133. Hasil nilai rata – rata posttest lompat jauh 90,383. Terjadi peningkatan hasil belajar dari pretest ke posttest 15,68%. Hasil dari skor Gain diperoleh persentase sebesar 56,02%. Hasil nilai rata – rata pretest tanggapan siswa pretest 89,33%. Hasil nilai rata – rata pretest tanggapan siswa posttest 92,33%. Maka dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemberian permainan engklek terhadap pembelajaran daring materi lompat jauh dapat meningkatkan lompat jauh gaya jongkok. Saran dalam penelitian ini adalah guru harus lebih memanfaatkan permianan tradisional untuk pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Pradana, A. A. . (2021). Efektivitas permainan engklek, lompat jauh, pembelajaran daring terhadap pembelajaran daring materi lompat jauh pada siswa SMA N 1 Kaliwungu. Journal of Physical Activity and Sports (JPAS), 2(3), 329-338. https://doi.org/10.53869/jpas.v2i3.63
Section
Articles

References

Aep R.- Etor S. (2018), Metode Latihan dan Pembelajaran Bola Voli Untuk Umum, Bandung:

Alfabeta.

Albab, A.U. Rahayu, T & Sugiharto, S. (2016). “Pengembangan alat ring bola basket multiguna

untuk pembelajaran pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi (penjasorkes) tingkat

sekolah dasar kelas v di kota semarang”. Journal Of Physical Uducation And Sport. 5(1),

-66.

Aprianto, T. Firmanto, G. (2017). “Pengembangan alat pelontar bola voli”. Prosiding seminar

dan lokakarya fakultas ilmu keolahragaan Universitas Negri Jakarta 2 (01), 58-60.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktek. Jakarta:

Rinekacipta.

Dewi, R. (2020). “ Pengembangan instrumen tes passing bola voli berbasis digital”. Jurnal

Prestasi 4 (1), 9-16.

Hadiana, A. (2020) Pengembangan Media Alat Bantu Smash Bola Voli Pada Mahasiswa FIK

Universitas Negeri Medan Tahun 2019.UNIMED. digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38979

Muttaqin, I. Winarmo, W.E. dan kurniawan, A. (2016). “Pengembangan model latihan smash

bola voli pada kegiatan ekstrakurikuler di smp n12 malang”. Jurnal Pendidikan Jasmani.

(2), 2016.

Nugroho, E. D (2016). “ pengembangan alat pelontar bola multifungsi”. Jurnal pend.

Kepelatihan olahraga-S1. 1 (2).

Sugiyono. (2012). Metode penelitian pendidikan : pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D.

Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian dan pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Syakur, M.A & Paramitha, S.T. (2017). “Pengembangan alat bantu latihan pelontar bola futsal

berbasis mikrokontroler dengan menggunakan software pemograman arduino”. Jurnal

Terapan Ilmu Keolahragaan. 2 (1), 29-32.