Upaya Meningkatan Hasil Pembelajaran Penjasorkes Materi Tenis Meja Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMA N 1 Sigli
Main Article Content
Abstract
The existence of policies regarding online learning in schools is certainly a challenge for physical education teachers to work harder in creating creative ideas that can support more effective learning. This study aims to provide treatment in the form of actions to students in physical education learning so that learning becomes more fun. This research uses classroom action research. The research data subjects were students of class XI MIA 3 SMA N 1 Sigli. The research location is in the residence of the physical education teacher by utilizing the zoom meeting application feature, while setting the time during the learning process or adjusting the class schedule, the study was carried out from 23 February 2021 to 12 March 2021. The results of the study from cycle 1 to cycle 2 showed there is physical activity carried out in table tennis physical education material through learning from and there is an increase in the pulse rate in students as a result of physical activity that has been carried out at the time of the study. The conclusion of the study is that based on data from cycle 1 and cycle 2, the results show a significant increase in learning success. Suggestions in this study need to do more actions with creative ideas in physical education learning for other materials
Keywords: Learning, Physical Education, Table Tennis, Covid 19.
Abstrak
Adanya kebijakan tentang pembelajaran yang dilakukan secara daring di sekolah tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi guru pendidikan jasmani untuk bekerja lebih keras dalam menciptakan ide-ide kreatif yang dapat menunjang pembelajaran yang lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan perlakuan berupa tindakan kepada peserta didik dalam pembelajaran pendidikan jasmani supaya pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Subyek data penelitian peserta didik kelas XI MIA 3 SMA N 1 Sigli. Lokasi penelitian berada di kediaman guru pendidikan jasmani dengan memanfaatkan fitur aplikasi zoom meeting, sedangkan seting waktu pada saat proses pembelajaran berlangsung atau menyesuaikan jadwal kelas, penelitian dilaksanakan dari tanggal 23 februari 2021 sampai 12 Maret 2021. Hasil penelitian mulai dari siklus 1 hingga siklus 2 menunjukan adanya aktivitas jasmani yang dilakukan dalam materi penjas tenis meja melalui pembelajaran dari dan terjadi adanya peningkatan denyut nadi pada peserta didik sebagai akibat dari aktivitas jasmani yang telah dilakukan pada saat penelitian. Simpulan penelitian adalah bahwa berdasarkan data siklus 1 dan siklus 2, hasilnya menunjukan peningkatan keberhasilan pembelajaran yang cukup signifikan. Saran dalam penelitian ini perlu dilakukannya lagi tindakan dengan ide-ide kreatif pada pembelajaran pendidikan jasmani untuk materi yang lainya
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ardi, S. W., Hartiwan, U., & Pujianto, A. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Tenis Meja Lantai Dalam Penjasorkes Pada Peserta didik Kelas Vi Sd Puri Kecamatan Pati Kabupaten Pati. Active - Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 2(3). https://doi.org/10.15294/active.v2i3.1090
Hartono, R., Suherman, A., & Rusdiana, A. (2003). Pengaruh Model Sport Education Terhadap Motivasi. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 1(3), 213–226.
Kasimi, O. W. (1999). Praktikum dan Keterampilan Pendidikan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang.
Panuntun, F. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Go-Pong Untuk Meningkatkan Psikomotorik Peserta didik Pada Pembelajaran Tenis Meja Smp N 1 Juwana. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 4(2), 152–155.
Purwanto, D. D., & Suharjana, S. (2017). Pengembangan model pembelajaran pengenalan teknik dasar tenis meja untuk peserta didik SD kelas atas. Jurnal Keolahragaan, 5(2), 133. https://doi.org/10.21831/jk.v5i2.6419
Safari, I. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Teknik Dasar Pukulan Pada Permainan Tenis Meja Antara Yang Langsung Mengunakan Net Dengan Tanpa Menggunakan Net Terlebih Dahulu. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 1(2). https://doi.org/10.17509/eh.v1i2.2731
Yarmani, Y., Sugihartono, T., & Defliyanto, D. (2019). Penerapan Media Dinding dalam Meningkatkan Service Forehand Backhand pada Pembelajaran Tenis Meja. Kinestetik, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.33369/jk.v3i1.8760
 
							