Analisis Tingkat Kejenuhan dan Konsentrasi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung Pada Mata Kuliah Tenis Lapangan
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kejenuhan dan konsentrasi mahasiswa PJKR Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung pada mata kuliah tenis lapangan. Jenis peneltian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner pada 31 responden mahasiswa matakuliah tenis lapangan yang di sebarkan di grup whatsApp. Penelitian ini menggunakan metode survey dan di analisis secara kuantitatif menggunakan sistem pada google formulir. Berdasarkan hasil penelitian ini tingkat kejenuhan dan konsentrasi mahasiswa PJKR Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung pada mata kuliah tenis lapangan berada pada angka 55,4% masuk kedalam kategori sedang, sedangkan tingkat konsentrasi mahasiwa berada pada angka 42% ini juga termasuk kedalam kategori sedang.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Afifah, S. (2019). Pengaruh Kejenuhan Belajar dan Interaksi Sosial Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa dengan Sistem Pesantren Modern di Samarinda. Psikoborneo, 7(4), 965–972.
Haryanto, H. Y., & Arif, S. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. 2, 1–6.
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru?: Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung, 1–10. http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/
Kristia Ningsi, L. (2020). Kejenuhan Belajar Masa Pandemi Covid-19 Siswa SMTA di Kedungwungu Indramayu. Human Relations, 3(1), 1–8.
Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Communio?: Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 9(2), 1630–1640. https://doi.org/10.35508/jikom.v9i2.2416
Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi Iain Jember di Tengah Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29–38.
Pitaloka, R. D., Utami, G. T., & Novayelinda, R. (2015). Hubungan Kualitas Tidur Dengan Tekanan Darah Dan Kemampuan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Riau. Jurnal Online Mahasiswa, 2(2), 1435–1443. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMPSIK/article/view/8317/7986
Rizki Amelia, T. (2016). Pelatihan Brain Jogging Untuk Meningkatkan Konsentrasi dan Hasil Belajar Keterampilan Tenis. 27–40.
Sugara, G. S. (2011). Efektifitas Teknik Self Instruction Dalam Menangani Kejenuhan Belajar Siswa (Pra Eksperimen Terhadap Siswa Kelas XI IPA SMA ANGKASA LANUD HUSEN SASTRANEGARA BANDUNG Tahun Ajaran 2010/2011). Universitas Pendidikan Indonesia.
Arikunto, S. 2006 . Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara