Pengaruh Model Kooperatif Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Dalam Bola Voli Kelas Viii Smp N 1 Japah Tahun Ajaran 2019/2020
Main Article Content
Abstract
The motivation for this research is the lack of optimal learning by teachers and the lack of value for students in learning volleyball. Many students are passive when learning activities occur.
The purpose of this research is to use the Think Pair Share cooperative learning method in SMP N 1 Japah to determine the progress of students' learning outcomes in Class VIII.
The results of showed that before the study of the Think Pair Share method, the average learning outcome increased to 64, and after the study of the Think Pair Share learning model, it increased to 70. Therefore, the increase of 6 The type of research is quantitative research. In this study, the researchers used a pre- and post-test design. The advice given by the researchers is that teachers should optimize learning. Students are more active in the learning process.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ahmadi, Nuril. 2007. Panduan Olahraga Bola Voli. Surakarta: Era Pustaka Utama.
Ainun. 2018. “Permainan Bola Voli: Pengertian, Sejarah, Peraturan & Teknik Dasar Bola Voli”. Diambil dari https://salamadian.com/permainan-bola-voli/. Diakses pada 19 Desember 2019
Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Hamdayana, Jumanta. 2015. Metode dan Model Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Galia Indonesia.
Hidayat, Kusuma. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bola voli (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Takeran, Kabupaten Magetan). Diambil dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/10029. diakses pada 17 Desember 2019
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Iswanto Yudha. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Terhadap Hasil Belajar Pasing Bawah Bolavoli (Studi pada siswa kelas V SDN Singowangi Mojokerto). Diambil dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/8168. Diakses pada 19 November 2019.
Mavioso Devil. 2018. “ Macam-macam Teknik Dasar Bola Voli”. Diambil dari https://devilmavioso.wordpress.com/update-post/tulisan/teknik-dasar-bola-voli/. Diakses pada 21 Oktober 2019.
Mendrofa Eman. 2014. “ Hakikat Belajar”. Diambil dari https://emanmendrofa.blogspot.com/2014/11/hakikat-belajar.html. Diakses pada 21 Oktober 2019.
Muhyi, Muhammad dkk. 2013. Permainan Bola Voli. Surabaya: Graha Pustaka Media Utama.
Nurhibatullah. 2015. “Hakekat Belajar dan Pembelajaran”. Diambil dari https://nurhibatullah.blogspot.com/2015/12/hakekat-belajar-dan-pembelajaran.html. Diakses pada 9 Oktober 2019.
Pratama Doni. 2014. ”Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Dribble Sepak Bola (Studi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gedangan)”. Diambil dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/8182. Diakses pada 9 Oktober 2019.
Ramadhan, igbal 2018.”Peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli dengan media bola plastik siswa kelas XI SMA N Comal Kabupaten Pemalang”
Rohendi, Aep dan Etor, Suwandar. 2018. Metode Latihan dan Pembelajaran Bola Voli untuk Umum. Bandung: Alfabeta.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Soegeng dan Maryadi. 2016. Evaluasi Hasil Belajar Pengetahuan dan Teknik. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suliaji Ketut. 2018.” implementasi model pembelajaran kooperatif think pair share (tps) untuk meningkatkan hasil belajar passing bola voli siswa kelas XII MIPA3 SMAN 3 Amlapura”. Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/PENJAKORA/article/view/20920. Diakses pada 7 Oktober 2019
Suprijono, Agus. 2016. Model-Model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional