Pengaruh Kurikulum Filosofi Sepak Bola Indonesia (Filanesia) Terhadap Kemampuan Dribbling dan Passing Di Sekolah Sepak Bola Putra Mulyoharjo (Ps Puma) U-17 Kabupaten Jepara

Main Article Content

Riki Candra Setiawan

Abstract

This research is motivated by the current soccer game, players are required to be able to control the ball better, so that the chances of creating goals are greater. Techniques in soccer games that are often used and the most important techniques are kicking the ball (Passing) and dribbling the ball (Dribbling). combined with the philosophy of Indonesian football (filanesia) which has been made in such a way and designed according to the characteristics of Indonesian players. This research is a descriptive quantitative research. This research was conducted in several steps, namely the pretest and posttest which will be carried out in accordance with the training program that has been made to combine the philosophy of Indonesian football with basic soccer techniques, namely Passing and Dribbling, which is carried out at the Mulyoharjo Men's Football School, Jepara Regency, aged 17 years. Divided into 2 experimental groups. In 1 filanesian group there were 10 children and group 2 Controlling had 10 children. The results showed that there was a significant effect of the application of the philanesian training model on Dribbling and Passing at the Putra Mulyoharjo Football School. Data analysis using SPSS 21. The results of the data analysis test using the Paired Simple T Test and Independent T Test, namely the results of the sig value. (2-tailed) of 0.001 in the Passing experimental group 1 Filanesia and the sig. (2-tailed) of 0.000 in the Passing experiment 2 Controlling group. Meanwhile, in the Dribbling Test, it is known that the sig. (2-tailed) of 0.000 in the Dribbling experimental group 1 Filanesia and the sig. (2-tailed) of 0.000 in the Dribbling Experiment 2 Controlling group, it can be concluded that there is a real difference.


Keywords: Dribbling, Passing, Philosophy of Indonesian football


Abstrak


Penelitian ini dilatar belakangi oleh permainan sepak bola masa kini pemain dituntut untuk dapat menguasai bola lebih baik,sehingga peluang menciptakan Gol lebih besar teknik dalam permainan sepakbola yang sering digunakan dan merupakan teknik yang paling penting adalah menendang bola (Passing) serta menggiring bola (Dribbling) di kombinasikan dengan filisofi sepak bola Indonesia (filanesia) yang sudah dibuat sedemikian rupa dan dirancang sesuai karakteristik pemain indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif Deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu dengan Pretest dan Posttest yang akan dilakukan sesuai dengan program latihan yang telah dibuat untuk mengkombinasikan Filosofi Sepak Bola Indonesia dengan tehnik dasar sepak bola yaitu Passing dan Dribbling dilakukan di Sekolah Sepak Bola Putra Mulyoharjo Kabupaten Jepara Usia 17 Tahun. Dibagi menjadi 2 kelompok Eksperimen. 1 kelompok filanesia terdapat 10 anak dan kelompok 2 Controlling terdapat 10 anak. Hasil penelitian terdapat pengaruh signifikan penerapan model latihan filanesia terhadap Dribbling dan Passing di Sekolah Sepak Bola Putra Mulyoharjo. Analisis data dengan menggunakan SPSS 21. Hasil Penelitian  dari test analisa data dengan menggunaikan Paired Simple T Test dan Independent T Test,yaitu dengan hasil nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,001 pada kelompok Passing eksperimen 1 Filanesia dan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 pada kelompok Passing eksperimen 2 Controlling. Sedangkan Pada Tes Dribbling diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 pada kelompok Dribbling eksperimen 1 Filanesia dan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 pada kelompok Dribbling eksperimen 2 Controlling maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata.


Kata kunci: Dribbling,Passing,Filosofi sepakbola Indonesia

Article Details

How to Cite
Setiawan, R. C. (2021). Pengaruh Kurikulum Filosofi Sepak Bola Indonesia (Filanesia) Terhadap Kemampuan Dribbling dan Passing Di Sekolah Sepak Bola Putra Mulyoharjo (Ps Puma) U-17 Kabupaten Jepara. Journal of Physical Activity and Sports (JPAS), 2(3), 297-302. https://doi.org/10.53869/jpas.v2i3.111
Section
Articles

References

Aditya, K. N. (2018). Pengaruh Latihan Small Side Games Dan Passing Kelompok Mengubah Posisi Terhadap Akurasi Passing Mendatar Pada Pemain Ssb Porma Kudus Ku–13 Tahun 2018 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Aprianova, F., & Hariadi, I. (2017). Metode Drill Untuk Meningkatkan Teknik Dasar Menggiring Bola (Dribbling) Dalam Permainan Sepakbola Pada Siswa Sekolah Sepakbola Putra Zodiac Kabupaten Bojonegoro Usia 13-15 Tahun. Indonesia Performance Journal, 1(1).

Arwandi, J., & Ardianda, E. (2018). Latihan Zig-Zag Run Dan Latihan Shuttle Run Berpengaruh Terhadap Kemampuan Dribbling Sepakbola. Jurnal Performa Olahraga, 3(01), 32-32.

Atiq, A. (2012). Tingkat Keterampilan Tehnik Dasar Sepakbola LPI SMP 3 Pontianak Tahun 2012. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 2(1).

Dawud, V. W. G., & Hariyanto, E. (2020). Survei Kondisi Fisik Pemain Sepakbola U 17. Sport Science and Health, 2(4), 224-231.

Emral, E., & Tangkudung, J. A. (2015). Development Of Dribbling Basic Technique Skill Of Students Of Psts Tabing Padang Football School. Jipes-Journal Of Indonesian Physical Education And Sport, 1(1), 12-20.

Gardasevic, J., & Bjelica, D. (2008). The Effects Of The Training In The Preparation Period On The Dribbling Speed With Fifteen Years Old Football Players. Strength and Conditioning Journal, 30, 2.

Irianto, S. (2010). Pengembangan Tes Kecakapan “David Lee” untuk Sekolah Sepak Bola (SSB) Kelompok Umur 14-15 Tahun.

Luxbacher, J. (1997). Sepakbola. PT RajaGrafindo.

Marta, I. A., & Oktarifaldi, O. (2020). Koordinasi Mata-Kaki dan Kelincahan terhadap Kemampuan Dribbling Sepakbola. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 4(1), 1-14.

Mubarok, M. Z. (2019). Pengaruh Latihan Small Sided Games Mengunakan Metode Interval Terhadap Peningkatan Dribbling Pemain Sepakbola. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 5(02), 144-149.

Mubarok, M. Z., & Mudzakir, D. O. (2020). Pengaruh Latihan Small Sided Games Terhadap Peningkatan Keterampilan Dribbling Pemain Sepakbola. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 9(1), 28-40.

Mubarok, M. Z., & Ramadhan, R. (2019). Analisis Tingkat VO2Max Pemain Sepak Bola Darul Ma’arif Indramayu. Jurnal Kependidikan Jasmani dan Olahraga, 3(1), 39-45.

Mulyana, A. S. (2013). Analisis Kondisi Fisik dan Teknik Dasar Sepakbola Ekstrakurikuler Sepakbola SMAN 2 Ciamis (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Nugroho, W. (2015). Pengaruh latihan passing bervariasi posisi tetap dan berubah terhadap hasil akurasi short passing siswa ku-14 ssb apacinti tahun 2015 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Oktober, Y., & Komarudin, M. A. (2012). Skripsi yang berjudul" Tingkat Keterampilan Bermain Sepakbola Siswa Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola di SMA Negeri 1 Rembang Tahun.

Santoso, N. (2014). Tingkat Keterampilan Passing-Stoping Dalampermainan Sepakbola Pada Mahasiswa Pjkr Bangkatan 2013. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 10(2).

Sequential, A. (2019). Pengaruh Latihan Long Passing Menggunakan Sasaran Berurutan Terhadap Ketepatan Long Passing Dalam Permainan Sepak Bola. Journal of SPORT, 3(2).

Tarju, T., & Wahidi, R. (2017). Pengaruh Metode Latihan Terhadap Peningkatan Passing Dalam Permainan Sepak Bola. JUARA: Jurnal Olahraga, 2(2), 66-72.

Timo Scheunemann, (2005). Hakikat Passing Sepak Bola. Penerbit Kota

Yulianto, P. F. (2016). Perbedaan Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Metode Bagian Dan Keseluruhan Terhadap Peningkatan Dribble Shooting Sepakbola Ditinjau Dari Koordinasi Mata-Kaki. (Studi Eksperimen Pada Mahasiswa Pembinaan Prestasi Sepakbola Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidika. Jurnal Ilmiah SPIRIT, 16(1).

Yulianto, P. F. (2016). Perbedaan Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Metode Bagian Dan Keseluruhan Terhadap Peningkatan Dribble Shooting Sepakbola Ditinjau Dari Koordinasi Mata-Kaki (Studi Eksperimen Pada Mahasiswa Pembinaan Prestasi Sepakbola Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidika. Jurnal Ilmiah SPIRIT, 16(1).