Upaya Meningkatkan Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Materi Renang Melalui Media Aplikasi Zoom Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMK Negeri 1 Sale Rembang

Main Article Content

Tutuk Wahyudi Tutuk
Osa Maliki
Agus Wiyanto

Abstract

Dampak dari wabah covid-19 sangat luar biasa, khususnya dibidang pendidikan. Siswa harus mampu mengikuti pembelajaran berbasis daring karena proses pembelajaran tidak memungkinkan untuk belajar di sekolah yang masih menjadi ancaman bagi siswa. Pandemi covid-19 membawa keprihatinan pada penyelenggaraan pendidikan serta pembelajaran disemua sekolah, kondisi ini paling berat dialami oleh sekolah yang berada jauh dari perkotaan dengan akses internet yang kurang memadahi. dan sarana prasarana yang terbatas. Dalam hal ini peneliti mengupayahkan memaksimalkan sistem pembelajaran daring pada sekolah menengah kejuruan yang berada di Rembang.


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian ini mengunakan pendekatan populasi dan sempel. Sumber data dipilih secara total sempling yaitu seluruh angota populasi dijadikan sempel semua. Tujuan dalam penelitian ini adalah menggambarkan pembelajaran daring yang diselengarakan di SMK N 1 Sale Rembang pada masa pandemi covid-19. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang akan dilakukan adalah data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification.


            Dari hasil penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa efektivnya penggunaan aplikasi Zoom terhadap pembelajaran daring dimasa pandemi covid-19. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara melalui Google Form dan Whatsapp kepada dua puluh tiga siswa SMK Negeri 1 Sale di daerah Rembang. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Zoom sangat efektiv untuk proses pembelajaran daring kususnya pada saat guru menjelaskan materi didepan layar. Kendala yang sering mempengarui pembelajaran Zoom diantaranya :1. Jaringan yang tidak setabil, 2. Kurangnya persiapan dari siswa, 3. Terbatasnya kuota internet para siswa. Kesimpulan bahwa aplikasi Zoom untuk meningkatkan pembelajaran pendidikan jas masni olahraga dan kesehatan sangat layak  dan sangat membantu para pengajar untuk menerangkan pembelajaran dengan bantuan aplikasi digital pada masa pandemi covid-19.

Article Details

How to Cite
Tutuk, T. W., Maliki, O., & Wiyanto, A. (2021). Upaya Meningkatkan Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Materi Renang Melalui Media Aplikasi Zoom Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMK Negeri 1 Sale Rembang. Journal of Physical Activity and Sports (JPAS), 2(3), 347-356. https://doi.org/10.53869/jpas.v2i3.105
Section
Articles

References

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Mardiana. A, Purwadi, dan W. Indra satya (2011). Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, Jakarta: Universitas Terbuka. (1.4-1.6)

David haller (2015). Belajae Renang. Pioner Jaya Bandung. (16-17)

Hadi Sofian dan khory Fifukha Dwi (2013). “Survei pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Pada Suatu Pendidikan SD,SMP,SMA Negeri Se-Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek”. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. 1 (1) 64-69

Dinda Nadilla Yuzar (2020). “Penyakit Menular Dan Wabah Penyakit Covid-19".pendidikan Jasmani dan kesehatan SMA Negeri 3 Medan tahun ajaran 2019-2020. 1–29

Herlina dan Suherman Maman (2020). “Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan kesehatan (PJOK) Di Tengah Pandemo Corona Virus Diseace (Covid-19) Di Sekolah Dasar Dasar". Jurnal Sport Sciences And Physical Education. 8 (1) 1-7.

Haqien Danin dan Rahman Aqiilah afiifadiyah (2020). “Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Pendidikan. 1 (5) 51-56.

Pakpahan, Roida and Yuni Fitriani. 2020. “Analisa Pemnfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19”. Jurnal Jisman. 4 (2) 30–36.

Faisal, M. Darul Aksan. n.d. “Efektivitas Proses Belajar Melalui Aplilkasi Zoom Di masa Pandemi Covid-19". Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar.

Jayul Achmad Dan Irawanto Edi. (2020). “Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani ditengah pandemi COVID-19”. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi. 2 (6) 190-199.

Kusumadewi Rida Fironika, Yustiyana Sari, dan Nasihah Khoirotun (2020). “Menumbuhkan Kemandirian Siswa Selama Pembelajaran Daring Sebagai Dampak Covid-19 Di SD”. Jurnal Riset Pendidikan Dasar(JRPD). 1 (1) 7-13.

Sadikin Ali dan Hamida Afreni (2020). “Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19”. Jurnal ilmu pendidikan biologi. 2 (6) 214-224.